Jumat, 20 Maret 2009

Panduan publisher pemula kliksaya

Pernah ada seorang teman yang bercerita kepada saya dulu, "saya bergabung di kliksaya dan diterima, lalu saya menambahkan saldo di sana, tapi kenapa ya...uang saya tadi bukannya bertambah?, tapi malah berkurang! katanya jadi publisher kliksaya bisa menambah penghasilan?!, gimana sih...!!",

Nah dari cerita teman saya di atas jelas terjadi kesalah-pahaman dari maksud yang diinginkan. Memang sebagai pemula, kita bisa dibikin bingung bagaimana cara memasang iklan kliksaya pada blog kita, bagaimana mendapatkan uang dari klik saya, dan yang lebih membuat kita bertanya-tanya lagi, kenapa iklan yang tampil itu cuma "pasang iklan disini dapatkan diskon...". Saya yakin semua pernah merasakan hal ini, termasuk saya hehehe. Untuk itu saya akan berbagi panduan publiser pemula kliksaya yang membahas tentang :

-Penjelesan menu navigasi pada kliksaya
-Cara memasang iklan kliksaya pada blog
-Kenapa iklan yang tampil hanya pasang iklan disini...
-Pendapatan kok tetap nol, klik sendiri ah...
-Cara memilih iklan yang akan tampil pada blog
-Dari pubsiher jadi pengiklan juga



Penjelasan menu navigasi pada kliksaya

Bila kamu login ke account kliksaya kamu (setelah diterima), maka kamu akan melihat tulisan Pasang iklan, Terbitkan iklan, Daftar penerbit, Panduan dan blog. Nah hal ini akan membuat kita bingung apabila kita baru bergabung dengan kliksaya, tidak adanya penjelasan tentang ruang untuk publisher atau pengiklan pada halaman tersebut. Disini saya akan menjelaskannya satu-persatu agar tidak terjadi kekeliruan lagi.

-Pasang iklan. Adalah ruang khusus apabila kamu ingin memasang iklan pada kliksaya.

-Terbitkan iklan. Terbitkan iklan adalah ruang yang di khusukan untuk publiser atau penerbit, di sana akan ada beberapa menu penting untuk kamu sebagai publisher.

-Daftar penerbit. Adalah ruang di mana terdapat daftar atau list dari penerbit kliksaya, di sana kamu bisa melihat, blog atau situs mana yang menjadi penerbit terbaik dari kliksaya.

-Panduan. Panduan adalah tutorial atau tips-tips penting yang harus kamu baca, baik sebagai penerbit ataupun pengiklan.

-Blog. Blog adalah blog dari kliksaya, biasanya blog kliksaya menyampaikan beberapa info menarik tentang update dari kliksaya.


Cara memasang iklan kliksaya pada blog

Yang membingungkan bagi seorang pemula adalah, tidak adanya menu langsung untuk memasang kode iklan kliksaya pada blog. Antara dua pilihan yang membingungkan, "pasang iklan" atau "terbitkan iklan"?. Tapi pada tips sebelumnya saya sudah mengatakan ruang khusus untuk publisher adalah "terbitkan iklan". Lalu apa dengan masuk ke dalam ruang terbitkan iklan, kamu akan mudah mengerti cara memasang iklan kliksaya pada blog kamu?.

Menurut pengalaman saya dulu, saya masih bingung juga, karena disana hanya ada menu Utama, Zona iklan, iklan, iklan global, tranfer balance, dan laporan. "Yang mana nih buat masang kode iklan di blognya!!!", itu yang selalu saya pikirkan selama 2 hari dulu hehehe.

Namun setelah cukup lama membaca panduan kliksaya, akhirnya saya mengerti, cara menerbitkan iklan sangat gampang, yaitu :

A. Masuk ke ruang terbitkan iklan lalu pilih zona iklan.

B. Disana akan tampil dua pilihan, yaitu tambahkan zona iklan text (untuk tampilan iklan text) dan tambahkan zona iklan gambar (untuk tampilan iklan gambar).

C. Kamu bisa memilih tampilan iklan yang kamu inginkan, klik saja salah satunya. Kemudian kamu akan di bawa ke tampilan iklan dan penjelasan zona iklan. Tidak perlu bingung, Penjelasannya adalah:

1. Pilih tampilan iklan yang kamu inginkan, yaitu format iklan dan warna dari iklan yang kamu inginkan.
2. Silahkan isi formulir "mengenai situs anda". Isi nama dari blog kamu beserta urlnya, dan isi penjelasan tentang keuntungan atau kelebihan yang blog kamu miliki pada kolom "deskripsi situs kamu", agar pemasang iklan tertarik memasang iklan di situs kamu.
3. Lalu beri nama zona iklan kamu ini, isi kolom "Beri nama zona iklan anda" dengan kata-kata yang menjual. Dan pilih "ya" pada auto approve. Kemudian klik simpan.
4. Bila sudah, kamu akan dibawa ke halaman selanjutnya, yaitu untuk mengisi beberapa kolom.

Penjelasannya seperti berikut ini:

-kata kunci situs atau blog (kata-kata yang menggambarkan blog kamu, misal blog bisnis online, kamu bisa mengisikan tips bisnis online, bisnis online, rahasia bisnis online, dll)
-Barang atau jasa apa saja yang bisa dijual pada situs anda (isi saja kolom ini dengan "semua barang", bila kamu tidak ingin memberikan spesifikasi atau pemilihan pada iklan yang ingin ditampilkan).
-Beri gambaran mengenai pengunjung situs anda (saya mengisi kolom ini dengan "semua umur, semua profesi dan semua jenis kelamin", hal ini menggambarkan bahwa situs atau blog saya dikunjungi oleh berbagai kalangan dan tidak ada pengecualian)
-Katagory dan sub katagory (pilih katagory yang berhubungan dengan blog atau situs kamu, misal blog kamu tentang bisnis, kamu pilih "bisnis dan industri" lalu pilih sub katagory yang kamu inginkan).

D. Kemudian klik simpan, dan pasang kode iklan yang keluar pada blog kamu. Selesai...


Kenapa iklan yang tampil hanya "Pasang iklan disini..."

Hal ini disebabkan karena belum ada pengiklan yang memasang iklan pada zona iklan kamu. Bersabar saja dulu, dan lakukan optimisasi blog agar blog ramai dikunjungi. Semakin banyak blog kamu dikunjungi, maka akan membuat pengiklan semakin tertarik memasang iklan pada zona yang kamu miliki, bila hal itu sudah tercapai (ada pengiklan yang memasang iklan pada zona kamu). Kamu akan melihat tampilan iklan yang sebenarnya dari pengiklan kliksaya.

Pendapatan kok tetap nol? Klik iklan sendiri ah...

Kamu pasti bertanya-tanya kenapa pendapatan kamu tetap 0?, kamu harus melihat apakah iklan yang sebenarnya sudah tampil atau hanya "pasang iklan disini..." karena iklan yang di bayar itu hanyalah iklan yang sebenarnya dari pengiklan kliksaya. Contoh iklan yang sebenarnya dari pengiklan bisa kamu lihat disini...Namun bila iklan yang tampil adalah iklan yang sebenarnya tapi penghasilan kamu tetap 0, berarti tidak ada pengungjung yang melakukan klik pada iklan tersebut. Kamu membutuhkan penataan terhadap tampilan dan penempatan iklan tersebut.

Mungkin kamu bosan dengan pendapatan yang tiap hari tidak meningkat, padahal iklan yang tampil adalah iklan yang sebenarnya. Sehingga kamu melakukan klik sendiri, hal ini bisa diketahui oleh kliksaya, karena kliksaya memiliki sistem anti-fraud klik yang dapat menditeksi Ip pengunjung yang melakukan klik. Apabila kamu melanggar ketentuan yang sangat dilarang oleh kliksaya ini, maka kamu akan mendapatkan sanksi berupa potongan saldo yang ada, yaitu sebesar Rp.1000 per fraud klik yang kamu lakukan. Jangan lakukan ini jika tak ingin rugi!!!.


Cara memilih iklan yang tampil pada blog

Kita sebagai publiser dari kliksaya bisa memilih iklan yang akan tampil pada blog kita, biasanya alasan kita menolak suatu iklan adalah, karena iklan tersebut terlalu murah dan sangat bertentangan dengan tema blog kita. Cara menolak iklan tersebut sangat gampang, yaitu :

Pada Account kliksaya kamu, klik menu "iklan". Kamu akan melihat iklan yang akan tampil pada blog kamu, bila kamu ingin melihat detail dari iklan, cukup dengan cara mencentang Lihat Detil. Kemudian centang iklan yang ingin kamu tolak. Lalu klik tombol "Tolak Iklan". Mudah bukan?...


Dari publiser jadi pengiklan juga

Dari menjadi seorang publiser, kita juga menjadi seorang pengiklan, yaitu dengan cara mengisi saldo, caranya adalah memilih menu "pasang iklan", lalu isi saldo kamu dengan cara klik "klik disini untuk pemesanan pulsa".

Tapi ada cara lain yang lebih menarik menurut saya, saya pernah juga memasang iklan di kliksaya. Namun saya membayarnya dengan saldo yang telah saya dapatkan dari menjadi publisher kliksaya. Bagaimana cara melakukannya?, caranya cukup mudah,,,

yaitu :

1. Pilih menu terbitkan iklan pada account kliksaya kamu.

2. Kemudian klik "tranfer balance".

3. Lalu kamu akan di bawa ke halaman baru, di sana terdapat sebuah gambar yang bertuliskan "Tranfer balance baru", klik gambar tersebut.

4. Yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah isi berapa jumlah uang yang akan kamu tranfer (minimal sebesar 5000 rupiah), dan isi juga keterangannya, lalu klik "tranfer balance baru".

5. Bila sudah, masuk ke halaman pasang iklan, dengan mengklik "pasang iklan". Disana kamu akan melihat jumlah saldo yang sudah kamu tranfer tadi. Selanjutnya kamu bisa memasang iklan yang kamu inginkan, dengan mengikuti petunjuk yang ada. Sangat mudah dan juga hemat menurut saya...


Saya rasa panduan publisher pemula klik saya ini cukup membantu kamu para publisher pemula dalam kliksaya...Salam bang arie...


Peserta Kontes Menulis Panduan KlikSaya.Com Periode Final

Nama : Yasirli amri
Email: arie.ajha@gmail.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar