Jumat, 27 Maret 2009

Link Menurut search engine dan manfaatnya

Mungkin sahabat bang arie sudah tidak asing lagi dengan yang namnya Link. Link adalah suatu tautan yang diberikan sebuah blog atau hamalan ke blog lain atau halaman lain. persoalan ini jangan di anggap remeh loh .

Link sangat berperan penting dalam seo dan bisnis, yaitu agar blog ramai dikunjungi, meningkatkan pagerank, dan juga menjadi peluang bisnis dalam bisnis online.

Lalu bagaimana pemasangan link yang benar?. Apakah yang kita lakukan ini sudah cukup benar?. Biasanya sahabat bang arie hanya tahu dengan tukar link saja, dan berusaha mencari blog lain untuk tukar link sebanyak-banyaknya.

Tapi apa cara itu maksimal? untuk meningkatkan pagerank. Ada yang bilang pada link itu harus menggunakan title dan target="_blank". Memang ada benarnya, tapi kedua hal tersebut kurang tepat. Ini hanya menurut bang arie, tapi sudah terbukti menurut pengalaman bang arie sendiri...

Link yang benar adalah link yang...


Link yang benar bukanlah link yang menggunakan title atau membuka pada halaman window baru.

Yang terpenting pada sebuah link adalah :

1. Pemasangan link dibedakan menjadi rel="dofollow", atau rel="nofollow" yang dimiliki oleh link tersebut. Penjelasannya, "dofollow" adalah backlink untuk blog atau web yang tuju. Sedangkan "nofollow" adalah pembatasan robot untuk tidak mengindex link tersebut sehingga tidak menjadi backlink yang sesungguhnya.

Perbedaan dalam pemasangan link :

"Dofollow" = <a href="http://www.alamatlink.com">Judul link<a>

"Nofollow" = <a href="http://www.alamatlink.com" rel="nofollow">Judul link<a>


Yang mana yang lebih baik antara dua ini?. Ou...tentu "nofollow", tapi penggunaan link "nofollow" sangat dilarang oleh text link ads atau program jualan link lainnya, dan juga tidak pantas digunakan untuk tukaran link dengan blogger lainnya.

Yah tergantung pilihan kamu sendiri. Apabila kamu menggunakan "dofollow", tentu sangat membantu dalam mendulang dolar, dan sangat membatu blogger lain yang ingin bertukar link.

Tapi ada hal yang kurang baik menurut saya, yaitu kebanyakan blogger kita menggunakan "you comment i'll follow" agar para blogger lainnya tertarik untuk berkomentar.

Siapa yang dirugikan dan siapa yang diuntungkan?. Yang diuntungkan jelas mereka yang berkomentar (karena mendapatkan backlink), dan yang dirugikan pasti pemilik blog, karena blog kamu dipaksa untuk memberikan backlink secara cuma-cuma kepada komentator. Bayangkan bila yang berkomentar ada 30 orang perharinya, berarti kamu memberikan backlink atau outbound link 30 perharinya. Sedangkan kamu hanya mendapatkan inbound link sebanyak 100 link...wah,,,selamat turun pagerank aja.


2. Link yang baik harus terdaftar dalam technorati


Salah satu blogger terbaik kita, yaitu mas fatih. Pernah mensyaratkan blogger lain yang ingin bertukar link dengannya adalah blog tersebut harus terdaftar dalam technorati. Apa penyebab hal ini?. Technorati adalah bisa dikatakan salah satu blog directory yang besar, dan kebanyakan para pemilik usaha seperti affiliate, paid review, atau text link ads menggunakan ranking pada technorati sebagai tolak ukur mereka. Tapi tidak cuma itu, populeritas suatu blog pada techorati akan membuat posisi blog tersebut semakin baik pada search engine. Percaya atau tidak, buktikan sendiri...

3. Perhitungan antar inbound dan outbound link

Perhitungan antara inbound dan outbound link sangat penting dan sangat berpengaruh. Semakin besar inbound (link masuk) yang kita dapatkan maka posisi kita akan semakin baik pada search engine. Tapi apabila outbound yang kita berikan lebih besar daripada inbound link yang didapat, hal ini bisa dikatakan sebagai sarang atau lahan link (linkfarm). Dan pasti akan sangat berpengaruh pada pagerank.

Nah sekarang sedang marak-maraknya auto link exchange, apa ini benar?, apa ini layak untuk digunakan?. Itu tergantung dari kamu sendiri lagi, apa kamu ingin menjadi blogger yang baik atau ingin menjadi blogger yang sukses?.

4. Link yang bergambar harus menggunakan Alt="..."

Penggunaan alt pada link yang bergambar sangat berperan penting. Yaitu alt tersebut adalah anchor text pada gambar yang memiliki link itu.

5. Link antara satu posting dengan posting lainnya sangat dianjurkan

Tautan atau link antara halaman 1 dengan halaman lainnya, akan membuat posisi halaman yang kita link tersebut mendapatkan peringkat yang baik pada search engine.


Dari kelima hal diatas, tentu link sangat berperan penting dalam seo dan juga bisnis.

Dalam hal seo, link sangat berperan penting pada peringkat search engine, meningkatkan pagerank, dan meningkatkan trafik blog (karena blog kita mendapatkan posisi yang baik pada search engine).

Sedangkan dalam bisnis online, link dapat berperan penting dalam meningkatkan rank technorati dan pagerank yang selalu menjadi tolak ukur dari perusahaan tempat para blogger mendulang dollar...

Ok semoga informasi ini cukup memberi masukan yang berguna buat sahabat bang arie...jika ada masukan lain silahkan berikan tanggapan dan komantar...

Salam bang arie,...Bisnis online-Bisnis di internet.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar