Sabtu, 25 Desember 2010

Foto Aneh Pasca Tsunami Aneh

Foto Aneh Pasca Tsunami Aneh - Berita Harian, Hingga saat ini, tragedi Tsunami yang menerjang wilayah besar Sumatera Utara itu masih teringat dan tidak akan terlupakan. Bencana yang terjadi pada 26 Desember 2004 itu, masih menyisakan duka yang berat bagi seluruh korban yang telah kehilangan anggota keluarga, teman, dan rumahnya.Gempa bumi bawah laut telah mengguncang Samudera Hindia dengan kekuatan 9,1 skala Richter, sehingga gempa yang sangat besar itu menyebabkan Tsunami mematikan yang dahsyat. Saat itu, Tsunami telah menyapu bersih Sumatera Utara dengan ketinggian air mencapai 30 meter. Saat kejadian, gempa juga dapat terasa sampai Alaska.


Pasca Tsunami, diperkirakan lebih dari 230.000 orang tewas dan jutaan lainnya kehilangan tempat tinggal. Namun ada satu keajaiban yang juga sebagai bukti betapa besarnya Maha kuasa Tuhan. Hal tersebut telah diabadikan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) melalui sebuah foto yang diambil langsung melalui satelit. NASA juga telah mempunyai foto Aceh, sebelum dan sesudah diterjang gelombang gergasi, Tsunami.


Salah satu foto yang terambil itu menggambarkan kondisi kota Lhoknga, di pantai Barat Sumatera dekat ibukota Aceh, Banda Aceh. Terlihat jika kota tersebut rata dengan tanah. Namun ada suatu keanehan dalam foto tersebut. Terlihat seperti bulatan kecil di pertengahan kota tersebut. Ternyata lingkarang berwarna putih itu adalah suatu tempat ibadah bagi umat islam, Masjid. Masjid itu terlihat kokoh dan utuh diantara lainnya yang rata dengan tanah. Ini suatu keanehan karena di sekeliling masjid tersebut tidak ada bangunan yang selamat, bahkan sudah tidak terlihat bangunannya sedikit pun.


Para peneliti yang melihat hasil tersebut, tidak dapat mengetahui penyebab selamatnya Masjid itu dari terjangan Tsunami mematikan itu. Masyarakat setempat percaya bahwa bencana tersebut merupakan peringatan bagi kita semua untuk lebih mendekatkan diri kepada Maha Kuasa dengan bukti Masjid yang tidak hancur sedikit pun dari terjangan ombak Tsunami. Foto selanjutnya direkam menggunakan instrumen Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) di Satelit Terra milik NASA.

Foto tersebut menggambarkan kondisi sebelum Tsunami pada tanggal 17 Desember 2004 dan tiga hari paska bencana, 29 Desember 2004. Sebelum Tsunami terjadi, terlihat vegetasi hijau di sepanjang pantai barat. Setelag gempa dan Tsunami, wilayah tersebut berubah menjadi coklat keunguan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar