Sabtu, 18 Desember 2010

Penyakit Aneh, Wanita Tidak Takut Apapun

Penyakit Aneh, Wanita Tidak Takut Apapun - Berita Harian, Karena kerusakan pada bagian pusat emosi di otak, seorang wanita warga negara Amerika Serikat menderita penyakit aneh yang sama sekali jarang di dunia ini. Akibat kerusakan tersebut, wanita ini tidak mempunyai rasa takut sama sekali terhadap apapun. Wanita yang masih menginjak remaja ini bisa dibilang beruntung, karena meski hidup di lingkungan miskin dan berbahaya, wanita yang berinisial SM ini masih dalam keadaan baik-baik saja.


Padahal, SM sering menjadi korban kejahatan di kawasan ia tinggal. SM pernah mengabaikan seseorang yang mengancamnya dengan pisau dan todongan senjata, ancaman kematian, diserang bahkan hampir meninggal karena tindakan kekerasan dalam rumah tangga. Orang yang tidak mengenal SM, akan berpikiran jika SM adalah orang yang pemberani dan tidak takut dengan hal apapun.

Meskipun keadaannya dalam bahaya, perempuan itu tetap tidak merasa takut karena ia telah kehilangan sensor putus asa dan kepentingan. Dalam suatu penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, SM tidak menunjukkan rasa takut sama sekali terhadap ular, laba-laba, rumah paling menakutkan atau film horor yang mengerikan. Meski, SM tidak mempunyai rasa takut, namun SM masih memiliki rasa kebahagiaan dan kesedihan. Itu karena saraf kebahagiaan dan ketakutan berbeda dan yang telah putus adalah rasa ketakutannya saja.

Ilmuwan mengatakan jika SM telah menderita penyakit langka yang disebut dengan amygdala, wilayah di otak yang terkait dengan reaksi terhadap rasa takut. Menurut seorang ahli psikologi saraf dari University of Lowa, Justin Feinstein mengatakan bahwa sifat takut dan amygdala membantu kita untuk tetap hidup dengan menghindari situasi, orang atau benda yang menempatkan kehidupan kita di dalam bahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar