Kamis, 20 Mei 2010

Kontes Menggambar Sketsa Nabi Muhammad SAW, Facebook Pun Diblokir

Hari ini, 20/5 adalah hari yang dikampanyekan kelompok tertentu di facebook yaitu menggelar Kontes Menggambar Sketsa Nabi Muhammad SAW. Informasi ini saya dapat melalui undangan seorang teman di facebook untuk ikut menolak dan memboikot sebuah grup di facebook bertajuk 'Everybody Draw Mohammed Day! dan blokir facebook dengan cara tidak login ke facebook pada hari ini tanggal 20/5,

Saya kaget banget dengan berita ini, langsung saya mencoba melihat kebenaran berita ini dengan mengakses grup tersebut. Dan benar, mereka dengan pedenya menyerukan kontes sketsa Nabi Muhammad, seperti informasi yang tertulis di akun facebok tersebut berikut ini,
May 20th 2010 is draw Mohammed day! Help spread knowledge about this important day - invite your friends!
Sebagai blogger muslim, tentunya saya menolak dan mengecam kontes tersebut karena berkaitan dengan SARA. Saya sudah melaporkan halaman facebook tersebut. Anda juga bisa ikut melaporkannya, ini alamatnya http://www.facebook.com/pages/Everybody-Draw-Mohammed-Day/121369914543425. Pada bagian kiri bawah klik link Laporkan Halaman.

Nah hubungannya dengan facebook diblokir gara-gara Kontes Menggambar Sketsa Nabi Muhammad SAW ini kejadiaannya bukan di Indonesia sob. Kalau di Indonesia pemblokiran Facebook baru seputar pembicaraan saja, di Pakistan pemerintahnya sudah melakukan tindakan. Dimana pemblokiran telah diperintahkan oleh Pakistan Telecommunication Authority kepada seluruh penyelenggara jasa internet (Internet Service Provider/ISP) di sana. Seluruh ISP di negara tetangga India itu diperintahkan untuk memblokir akses ke grup di Facebook yang menginformasikan adanya kontes tersebut.

Keputusan pemblokiran di Pakistan dilakukan oleh sebuah pengadilan. Menurut DeccanHerald, Hakim Ijaz Choudhry memerintahkan pemblokiran sementara pada Facebook berdasarkan petisi dari kelompok pengacara muslim. Blokir harus dilakukan hingga tanggal 31 Mei 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar