Minggu, 09 Mei 2010

Gempa Aceh 7,2 SR

Gempa Aceh 7,2 SR. Berita Harian, Aceh gempa berkekuatan 7,2 skala ritcher (SR) hari ini (09-05-2010) tepatnya pada pukul 12.59 WIB. Gempa aceh ini awalnya diprediksi akan terjadi tsunami, tapi setelah menunggu 30-40 menit tidak ada gempa susulan maka peringatan akan adanya tsunami pun dicabut. Gempa dirasakan hingga medan dan beberapa daerah lainnya, gempa tersebut cukup kuat dirasakan di daerah tersebut.

Saat ini belum ada kepastian tentang keadaan aceh setelah gempa ini, diharapkan tidak ada korban yang jatuh di kejadian gempa ini tentunya. Saat ini warga masih dihimbau untuk waspada dan mewaspai gempa susulan, kami akan memberikan sedikit tips tentang gempa.

- Ciri-ciri gempa bisa dilihat dari kejanggalan alam, seperti angin yang bertiup tidak seperti biasanya, burung berterbangan bersama-bersama seperti menjauhi sesuatu, anjing seperti mendengarkan suara tanah.

- Ketika gempa terjadi, jauhi gedung-gedung yang tinggi, perpohonan. Pikiran untuk bersembunyi di dalam rumah sangatlah tidak benar.

- Perkiraan tsunami dapat dilihat dengan surutnya air di utara (jika terjadi gempa di selatan begitu juga sebaliknya).

- Gempa dapat memicu ledakan pada tabung gas, oleh karena itu apalagi anda merasa koncangan gempa, jauhi segala sesuatu yang dapat memicu api.

- Cari tempat luas, seperti lapangan bola, dll.

Semoga Gempa Aceh 7,2 SR ini tidak separah gempa-gempa sebelumnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar