Selasa, 27 April 2010

Membedakan Mobil Yang Terendam Banjir

Apesnya ketika kita mau membeli mobil bekas, ternyata pernah terendam banjir. Nah supaya tidak salah pilih, salah satu mekanik dari diler jual beli mobil Anugerah Motor, Toni, berbaik hati mau memberikan bocorannya bagaimana membedakan mobil bekas yang sudah terendam banjir.

Ia mengatakan, sangat sulit untuk menghapus jejak-jejak air yang tertinggal pada jeroan mobil. Apalagi air banjir yang kotor dan biasanya berlumpur dan meninggalkan jamur.

"Buka kap mesin, lihat ada garis-garis bekas air enggak di sisi kanan dan kirinya, itu susah dihilangkan kecuali dicat ulang," ujarnya ketika dilernya ditemui detikOto di kawasan Kalimalang, Bekasi.

Selain itu, coba perhatikan dengan seksama bekas uap air yang mengembun. Biasanya paling jelas di batok lampu, baik di depan, belakang. Juga kompartemen di dalam kabin, biasanya ada sisa endapan pasir atau tanah disudut-sudut sempit.

Terakhir, kalau masih penasaran, bawa jalan saja. Kemudian nyalakan satu per satu komponen kelistrikan seperti lampu sein, klakson, lampu-lampu, speedometer dan lain-lain. Lakukan berulang kali untuk memastikan kesemuanya masih bekerja dengan baik.

Soalnya bukan apa-apa, genangan air, apalagi air banjir pasti meninggalkan kerusakan, terutama pada sistem kelistrikan. Selain itu, kalau sampai airnya masuk ke mesin, dijamin turun mesin adalah sebuah keharusan!- detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar