Senin, 09 Agustus 2010

Komputer Bikin Remaja Sulit Berhitung dan Membaca?

Sebuah studi di Amerika Serikat (AS) mengungkapkan, menggunakan komputer di kalangan remaja bisa melemahkan kemampuan matematika dan membaca. Benarkah?

National Bureau of Economic Research published the findings. Hasil survei yang dirilis Badan Riset Ekonomi Nasional AS dan melibatkan sekitar 500.000 orang anak ini menyebutkan, teknologi, dalam hal ini komputer, bisa bersifat kontra-produktif dalam pengembangan prestasi siswa.

Dalam laporan itu disebutkan, memperkenalkan anak-anak kepada komputer sejak mereka berusia 10 tahun bisa berakibat negatif pada nilai kemampuan membaca dan matematika.

"Siswa yang mendapat akses komputer dirumahnya mulai usia lima atau delapan tahun cenderung menunjukkan penurunan skor dalam tes kemampuan matematika dan membaca," kata salah satu peneliti Jacob Vigdor.

Vigdor mengklaim, anak-anak yang menggunakan komputer di rumah cenderung sulit fokus, kurang bersosialisasi dan lebih banyak bermain game.

Namun riset ini pada akhirnya menyimpulkan bahwa kontrol orangtua diperlukan untuk meminimalisir dampak negatif penggunaan komputer. "Dengan pengawasan orangtua penggunaan komputer tentu saja bisa memberikan banyak manfaat bagi anak-anak," tandas Vidgor. ( rns / wsh-detikinet.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar