Rabu, 04 Agustus 2010

Inilah 5 Jenis Makanan Wajib Setiap Hari


Makanan memang jadi kebutuhan penting setiap orang. Namun, tidak semua orang memperhatikan jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi setiap hari. Ada beberapa jenis makanan yang wajib di konsumsi agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Simak info lengkapnya di sini!

Makan, ternyata tidak selalu urusan perut kenyang tapi juga apakah makanan yang kita makan memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh kita atau tidak. Kalau hanya asal memilih makanan yang membuat kenyang namun tidak membawa manfat, bis ajadi sistem kekebalan tubuh dan juga pencernaan bisa terganggu.

Agar makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa diserap secara optimal, ada baiknya memilih makanan yang benar-benar tepat dan dibutuhkan. Berikut ini adalah lima jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari:

1. Bayam
Sayuran hijau ini merupakan salah satu makanan sehat. Bayam mengandung banyak nutrisi, salah satunya asam folat dan juga omega3 nabati. Kedua jenis nutrisi ini dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, osteoporosis, dan meningkatkan gairah seksual. Bayam juga mengandung lutein, senyawa yang mengatasi degenerasi. Apabila Anda tidak terlalu suka dengan bayam, Anda bisa menggantinya dengan bok coy.

2. Kacang Hitam
Semua jenis kacang-kacangan sangat bagus untuk pembentukan otot dan juga baik untuk jantung, tapi tidak ada yang mampu menstimulus kekuatan otak sebaik kacang hitam. Hal ini dikarenakan kandungan anthocyanins, antioksidan yang mampu meningkatkan kemampuan fungsi otak. Setengah cangkir kacang hitam settiap hari telah menyumbangkan sebanyak 8 gr protein dan 7,5 gr serat. Dan kacang hitam ini rendah kalori dan bebas lemak jenuh.

3. Walnut
Walnut memiliki asam lemak omega3 yang lebih banyak dibandingkan dengan salmon. Selain itu, kandungan polifenol anti-inflamasinya lebih tinggi dibandingkan dengan red wine. Walnut bisa dikonsumsi dengan cara mengkombinasikannya dengan salad, ataupun sebagai taburan pada ikan atau ayam yang sudah di grilled.

4. Oat
Oat merupakan makanan yang mengandung serat tinggi. Mampu menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Selain itu, gandum juga dapat mengenyangkan sehingga dapat menggantikan nasi sebagai sumber karbohidrat.

5. Yoghurt
Yogurt memiliki kombinasi yang ideal berupa protein dan karbohidrat untuk pemulihan latihan dan pertumbuhan otot. Tidak semua yogurt adalah probiotik, jadi pastikan label mengatakan "budaya hidup dan aktif." Bakteri aktif dalam yoghurt ini bisa memberikan perlindungan pada tubuh agar tidak terkena penyakit kanker.[detikhealth]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar