Minggu, 29 Mei 2011

Mobil Murah untuk Rakyat Harus Irit Bahan Bakar

Selain akan membuat mobil murah khusus petani, pemerintah juga berencana akan mengeluarkan mobil murah untuk masyarakat umum. Mobil ini diharapkan hanya akan dijual dengan harga kurang dari Rp 90 juta dan irit bahan bakar.

Menteri Perindustrian MS Hidayat menerangkan kalau regulasi mengenai mobil ini sedang terus digodok karena menurutnya pembuatan sebuah mobil harus disiapkan dengan matang.

"Saya kemarin baru persentasi di kabinet tapi belum komprehensif, karena kalau memproduksi sesuatu seperti mobil walaupun bisa tapi memerlukan persiapan yang panjang," ungkapnya usai meresmikan pembangunan pabrik baru Daihatsu di Karawang, Jawa Barat, Jumat lalu.

"Dan juga membutuhkan after sales service, iya kan?," cetusnya.

Selain itu, persiapan mobil murah ini menurut Hidayat juga membutuhkan jaringan yang kuat mulai dari jaringan penyedia komponen hingga jaringan bengkel.

"Itu mobil penumpang yang idenya harga jualnya tidak lebih dari 10 ribu dollar, emisi buangannya rendah, bensinnya 1:22 liter," jelas Hidayat.

"Desainnya Indonesia, mungkin ada sedikit bagian dari mesinnya yang masih menggunakan luar," pungkasnya.

Nantinya mobil ini akan dipasarkan untuk masyarakat agar bisa bertransformasi dari menggunakan motor ke mobil.

Pasar untuk mobil murah namun hemat bahan bakar dan ramah lingkungan ini menurut Hidayat masih memiliki potensi pasar hingga 400 ribu unit pertahun.

( syu / ddn - detik.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar