Senin, 08 Maret 2010

Teroris di Aceh Juga Perampok

Aksi penyisiran polisi terhadap teroris di aceh masih saja berlangsung. Kemarin polri sudah menangkap 13 teroris. Teroris aceh ini dalam dugaan sementara adalah bagian dari Jamaah Islamiyah, organisasi kepanjangan tangan jaringan teroris Al Qaidah di wilayah Asia Tenggara. Teroris aceh ini bukanlah pemain baru, mereka kelompok lama yang masih ada hubungan dengan kelompok Noordin M Top.


"Mereka kelompok lama sudah ada sejak 2005. Kelompok itu pecahan Jamaah Islamiyah, mereka terpecah karena masalah keorganisaian," kata Al Chaidar yang seorang pengamat terorisme kepada okezone, Senin (8/3/2010).
Menurut dia, selama ini mereka kesulitan memperoleh dana untuk membiayai kegiatan mereka. Oleh karena itu, selain pembiayaan gerakan mereka diperoleh dari sumbangan jamaah mereka. Aksi kejahatan seperti melakukan perampokan pun dilakukan guna melanjutkan aktivitas gerakan mereka.
"Dana menjadi masalah bagi mereka setelah lepas dari JI. Mereka didanai dari sumbangan dan jamaah mereka, sebagian dari merampok di Aceh," tambahnya.
Sejak penangkapan teroris Aceh, Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri berhasil mengamankan 8 ribu peluru dan tiga pucuk senjata api dalam penangkapan 13 tersangka terorisme di Aceh Besar dan beberapa wilayah lainnya.

Tagged as : teroris aceh, teroris di aceh, teroris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar