Selasa, 09 Maret 2010

7 Mitos Salah tentang Kesehatan

Minum air putih dengan perasan jeruk lemon bisa membuat berat badan turun. Anda yakin? Kadangkala mitos dipercayai karena sudah menjadi bahan pembicaraan turun-menurun. Sebaiknya Anda mengenali lebih banyak mitos atau anggapan yang salah tentang kesehatan.

1. Mitos: Kalau Anda gemuk maka Anda bisa terserang kolesterol
Memang benar kebanyakan perempuan yang punya kelebihan berat badan bisa menyebabkan risiko terserang kolesterol. Jo Parrish, wakil presiden dari Society for Women Health Research, melakukan survei pada sejumlah perempuan dan hasilnya 83 persen tahu bahwa mereka punya kelebihan berat badan sejak lulus sekolah, dan hanya 21 persen yang tahu jumlah kolesterol mereka.

Berat badan hanyalah satu indikator. Masih ada faktor pemicu lainnya yaitu gen, gaya hidup (makanan), aktivitas (olahraga), dan tingkat stres. Pastikan Anda melakukan kontrol kadar kolesterol secara regular.

2. Mitos: Lelah itu hal yang normal
Kegiatan dan aktivitas yang berlebih akan menyebabkan Anda lelah. Tetapi kalau lelah menjadi berlebihan dan terjadi terus-menerus, bahkan saat Anda bangun pada pagi hari, dan tidak mampu mengajak anak-anak untuk bermain, sebaiknya Anda memeriksakan diri.

''Rasa lelah berlebih bisa jadi merupakan salah satu pertanda kurang darah, gangguan tiroid, gangguan tidur, dan bahkan bisa menyebabkan serangan jantung,'' ujar Michelle Lentner Foye, MD, ahli penyakit dalam di Bethel, Connecticut.

3. Mitos: Perempuan usia tua (menopause) tidak akan terserang penyakit atau infeksi kelamin
Bukan berarti saat Anda tidak lagi bisa hamil, Anda mengabaikan kesehatan fungsi seksual. Anda masih tetap bisa tertular dengan penyakit dan infeksi menular seksual. Bahkan ada peningkatkan dua kali lipat dari laporan sebelumnya tentang perempuan usia di atas 45 tahun yang terserang penyakit itu.

''Semakin bertambah usia dan menurunnya produksi lendir pada vagina maka semakin menurun pertahanannya untuk menangkal infeksi menular seksual,'' ujar Jennifer Wider, MD, penulis buku The Sawy Woman Patient.

4. Mitos: Saat serangan jantung Anda akan merasakan sakit dada
Memang rata-rata film di televisi akan menggambarkan orang yang meremas dadanya saat terjadi serangan jantung. Namun faktanya adalah: baik laki-laki dan perempuan akan merasakan adanya rasa sakit di lengan bagian kanan yang menjalar ke bagian dada. Sebagian perempuan kadang merasakan kesulitan untuk bernafas, rasa sakit dan nyeri di leher, rahang, dan punggung belakang.

''Sebagian juga berkeringat, merasa sangat lelah, pucat di wajah, dan kram atau rasa kebas di tangan, pertanda akan terjadi serangan jantung,'' jelas Jennifer Mieres, MD, kardiolog dari NYU School of Medicine di New York City.

5. Mitos: Kanker usus adalah penyakit khusus pria
Jangan berasumsi bahwa kanker usus adalah penyakit khusus pria. Sebab penyakit ini masuk tiga besar penyakit yang diderita oleh perempuan. Mereka yang terserang penyakit ini umumnya berada pada usia 50 tahun. Periksakan usus Anda dengan metode kolonoskopi setiap 10 tahun sekali, terutama jika Anda punya keluarga yang terserang penyakit ini.

6. Mitos: Alat kelamin yang gatal bisa diobati dengan obat-obatan tahun lalu
Jangan menggunakan obat-obatan tahun lalu untuk mengobati infeksi alat kelamin. Sebab bisa saja kuman penyebab infeksi saat ini bukan kuman yang sama, dan bisa saja kuman sudah kebal dengan obat-obatan sebelumnya.

7. Mitos: Menggunakan obat dengan dosis lebih banyak dari yang ditentukan akan membantu pengobatan lebih cepat
Anda bukan membuat pengobatan lebih cepat, namun membuat kuman akan kebal dengan dosis yang diajurkan.


Sumber: WomansDay

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar